Kamis, 31 Desember 2009

sedikit info dari haris : manfaat brokoli bagi tubuh

Pengobatan herbal bukan hanya fokus pada tanaman dan rempah-rempah. Sayuran juga ternyata mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Brokoli salah satunya. Sayuran ini mampu menyembuhkan berbagai keluhan pada bagian lambung. Menurut hasil penelitian, brokoli mengandung provitamin A atau karotenoid, vitamin E, asam folat dan vitamin C.


Menurut beberapa pakar kecantikan, vitamin A pada brokoli mengandung antioksidan yang lebih baik dibandingkan antioksidan yang dimiliki oleh vitamin C. Manfaat lain dari brokoli adalah dapat meremajakan kulit. Brokoli bisa mengatasi sembelit karena mengandung nutrisi, fivonoid, dan serat. Serat yang terkandung dalam brokoli sangat penting untuk memperlancar proses pencernaan. Dalam sebuah penelitian terbaru menjelaskan bahwa brokoli mampu menekan resiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan kemungkinan kanker perut.


Dalam sebuah studi di Jepang, para ahli menemukan fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama 2 bulan dapat melindungi manusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung, dan kanker perut. Zat yang terdapat dalam brokoli yang paling penting untuk mencegah urusan lambung adalah sulforaphane juga mampu meningkatkan produksi enzim di hati.


Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen (menyebabkan kanker) yang dan mengeluarkannya dari sel. Selain itu, sulforaphane memiliki kemampuan untuk membunuh Helicobacter pylori (kuman pengganggu kerja lambung). Sebenarnya sudah sejak lama brokoli diyakini memiliki peranan penting untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Banyak peneliti yang menduga bahwa brokoli mengandung senyawa antiacetylcholinesterase

Tidak ada komentar:

Posting Komentar