Jumat, 14 Oktober 2011

good bye steve jobs..you rock..!!!

Steve Jobs lahir dengan di San Francisco, California, 24 Februari 1955. Orangtuanya adalah Abdulfattah Jandali, seorang sarjana berkebangsaan Suriah yang kemudian menjadi profesor ilmu politik dan ibunya Joanne Simpson, seorang sarjana berkebangsaan Amerika Serikat yang kemudian menjadi patolog.

Jobs tak dibesarkan kedua orangtuanya melainkan diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, California, yang menamainya Steven Paul. Masa kecil Jobs dihabiskan di California. Ia sekolah di Cupertino Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California. Ia juga kerap menghadiri kuliah setelah sekolah di Hewlett-Packard Company di Palo Alto. Seringnya ia ikut kuliah di perusahaan itu membuat Steve Wozniak yang bekerja sebagai teknisi komputer perusahaan itu memintanya kerja paruh waktu di Hewlett-Packard. Itulah awal pertemuan keduanya yang kelak membuat mereka mendirikan Apple.

Tahun 1972, Jobs lulus SMA dan kuliah di Reed College, Portland, Oregon. Ternyata ia hanya kuat satu semester dan kemudian memutuskan diri keluar. Meski begitu ia masih bisa ikut belajar di kelas kaligrafi untuk menyelesaikannya. Ternyata ilmu kaligrafi ini penting dalam perkembangan Apple kelak. "Jika aku tidak menghadiri kuliah tunggal di perguruan tinggi itu, maka Mac tidak akan memiliki beragam huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar," kata Jobs suatu ketika.

Jobs saat itu masih dalam kondisi sulit. Untuk menyelesaikan mata kuliah kaligrafi itu ia rela tidur di lantai kamar rekannya. Sedangkan untuk makan ia mendapatkan upah dari kegiatanya mengembalikan botol-botol Coke. Kadang ia mencari makanan gratis dengan mendatangi wihara Hare Krishna.

Tahun 1974 ia kembali ke California dan bertemu lagi dengan Wozniak. Mereka berdua sering menghadiri petemuan Homebrew Computer Club, klub penggemar komputer. Setelah itu bekerja sebagai teknisi di Atari, perusahaan pembuat video games. Ia bekerja untuk mengumpulkan uang agar bisa melakukan perjalanan spiritual ke India.

Ia berhasil berangkat ke India untuk beberapa waktu dan ketika pulang ia sudah menjadi penganut agama Buddha. Ia kembali bekerja di Atari. Tahun 1976 bersama Wozniak danRonald Wayne mendirikan Apple. Dari sinilah kiprahnya di bidang komputer yang kreatif dan mencengangkan dunia dimulai. Apple tak hanya terkenal dengan produk Mac-nya yang inovatif. Di saat zaman telekomunikasi berkembang sedemikian rupa, Apple berhasil menciptakan aneka produk yang selalu laris di pasaran seperti iPad dan iPhone yang terkenal itu. Semua itu berkat kreativitas Steve Jobs. Begitu tingginya peran Jobs, dunia selalu mengidentikkan Apple dengan dirinya. Pagi ini, 6 Oktober 2011 atau Rabu malam 5 Oktober 2011 waktu AS, Steve Jobs meninggal karena kanker pankreas dalam usia 56 tahun. Selamat jalan Steve Jobs!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar